3 Cara Menghapus File Sampah Tersembunyi di HP Xiaomi

  • 2 min read
  • Jul 21, 2022
Etalastok.com - Cara Menghapus File Sampah Tersembunyi di HP Xiaomi

Kali ini kita akan membahas soal salah satu merk Smartphone terkenal asal Cina yaitu Xiaomi. Cara menghapus file sampah tersembunyi di HP Xiaomi sebenarnya bukan hal yang sulit tapi sangat penting untuk diketahui oleh para pengguna belum tau.

Karena file yang tidak digunakan atau file sampah yang tersimpan akan membuat kinerja Smartphone kita menjadi terganggu seperti pemrosesan lambat, lag, tidak bisa merekam, tidak bisa menyimpan file atau install aplikasi dan sebagainya karena kapasitas memori penuh.

Oleh karena itu, sebagus apapun jenis HP Xiaomi yang Kamu punya jika masih banyak file sampah tersembunyi Xiaomi tetap saja akan lag atau kinerjanya terganggu dan harus rajin kamu bersihkan secara rutin ya gaes. Sebenarnya ada aplikasi pembersih sampah tersembunyi yang bisa kamu gunakan. Jadi, bagaimana cara menghapus file sampah tersembunyi di HP Xiaomi? berikut caranya.

1. Bersihkan dengan Sistem Cleaner bawaan Xiaomi

Cara membersihkan sampah di HP Xiaomi tanpa aplikasi merupakan metode pertama yang dapat kamu pilih untuk digunakan. Metode ini merupakan metode paling mudah untuk dilakukan agar memori HP Xiaomi kamu tetap lega dan lancar.

Langkah-langkah yang harus dilakukan sangatlah mudah. Secara lebih detail, kamu dapat ikuti uraiannya sebagai berikut:

  1. Pergi ke menu Setting, kemudian cari dan ketikkan “Cleaner“.
    Cara Menghapus File Sampah Tersembunyi di HP Xiaomi - etalastok.com Cara Menghapus File Sampah Tersembunyi di HP Xiaomi - etalastok.com
  2. Kemudian akan muncul dan pilih saja menu Cleaner,
  3. Maka device akan melakukan scan secara otomatis, untuk mencari file sampah dan file cache atau bahkan cleaner.
    Cara Menghapus File Sampah Tersembunyi di HP Xiaomi - etalastok.com
    Di atas terlihat hasil scan cleaner mencapai 2GB, bisa untuk instal beberapa aplikasi atau menyimpan foto lumayan besar yah.
  4. Setelah scan selesai, maka tekanlah tombol Clean Up agar Cleaner bawaan Xiaomi yang tersemat segera melakukan penghapusan semua file sampah dan cache yang tadi ditemukan.

2. Bersihkan menggunakan Deep Cleaner

File sampah Xiaomi di File Manager dapat juga dibersihkan melalui pembersih yang terdapat pada menu setting. Cara menghapus file sampah di HP Xiaomi ini juga sangat mudah sebagaimana cara pertama tadi. Untuk urutan langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke File Manager.
    Cara Menghapus File Sampah Tersembunyi di HP Xiaomi - etalastok.com Cara Menghapus File Sampah Tersembunyi di HP Xiaomi - etalastok.com
  2. Pilih Menu Utama atau simbol burger icon yang ada di pojok kiri atas.
  3. Pilih menu Deep Clean,
    Cara Menghapus File Sampah Tersembunyi di HP Xiaomi - etalastok.com
  4. Maka cleaner akan mulai memproses skrining, mulai dari file atau aplikasi yang tidak digunakan hingga foto yang duplikat atau hampir mirip.
    Cara Menghapus File Sampah Tersembunyi di HP Xiaomi - etalastok.com
  5. Pilih file-file mana yang mau di bersihkan, lalu pilih Clean Now.
  6. Tunggu hingga proses selesai. Lama waktu proses tergantung seberapa banyak file yang dihapus.

2. Bersihkan dengan Aplikasi Tambahan

Cara menghapus file sampah tersembunyi di HP Xiaomi yang terahir yaitu dengan menggunakan aplikasi tambahan yang berasal dari pihak ketiga. Metode ini efektif juga diterapkan sebagai cara menghapus file lainnya di Xiaomi Miui 12.

Langkah yang harus dilakukan pertama kali tentu saja mengunduh tambahan aplikasi tersebut terlebih dahulu dari Google Play Store.
Cara Menghapus File Sampah Tersembunyi di HP Xiaomi - etalastok.com Cara Menghapus File Sampah Tersembunyi di HP Xiaomi - etalastok.com

Kemudian lakukan penginstalan pada HP Xiaomi milik kamu. Nah salah satu aplikasi yang direkomendasikan adalah aplikasi CCLeaner. Cara menggunakannya sangat mudah dan tidak jauh beda dengan Cleaner bawaan Xiaomi yaitu skrining file kemudian Clean Up. Ada juga fitur-fitur tambahan bermanfaat lainnya seperti clean memory dan booster.

Nah itulah tadi beberapa metode yang dapat dilakukan sebagai cara menghapus file sampah tersembunyi di HP Xiaomi milik kamu. Ingat selalu untuk melakukan pembersihan semua file sampah tersebut secara rutin ya. Semoga dapat bermanfaat.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *