Muncul Security Alert Windows Defender Firewall Ketika Running Golang

  • 2 min read
  • Jun 04, 2022
mengatasi-security-alert-windows-defender-saat-menjalankan-golang-blog-etalastok.com

Kali ini saya akan membahas cara menghilangkan security alert Windows Defender atau Firewall saat meng compile atau menjalankan aplikasi yang di buat menggunakan bahasa pemrograman Golang yang dijalankan menggunakan sistem operasi Windows. Saya belum coba juga sih untuk kondisi kalo dijalankan di Linux atau Mac OS.

Sebelum itu saya mau jelasin sedikit mengenai Golang itu sendiri, apa sih Golang itu? kenapa ada muncul Security Alert? Dan bagaimana cara mengatasinya.

Apa itu Golang?

Golang adalah bahasa pemrograman yang dibuat oleh Google yang bisa berjalan secara synchronous maupun asynchronous. Golang pertama dibuat pada tahun 2009 yang tujuan awalnya untuk keperluan project Google dan pada akhirnya dibuka untuk umum (Open Source) yang bisa digunakan dan dikembangkan secara gratis.

Kamu bisa mencari penjelasan secara lebih detail di website-website lain yah. Next akan saya bahas lebih detail soal Golang ini yang sudah menemani saya selama 2 tahun ini dan menghidupi saya dan keluarga hehehe..

Muncul Prompt Peringatan Keamanan Windows Setiap Kali Running Program

Ketika development pasti seorang programmer menjalankan aplikasinya untuk memastikan program berjalan sesuai yang diharapkan. Pada Golang ini ketika program dijalankan di Windows secara default menggunakan perintah ini:

Go run <filename>.go
Runing-Global-program,jpg

Pada gambar diatas ketika program di eksekusi, maka akan muncul Windows Security Alert ”Windows defender firewall has blocked some features of this app

Yang artinya program yang Kamu jalankan di blok oleh firewall dalam hal ini yaitu Windows Defender. Kemudian ada keterangan seperti berikut:

Windows defender firewall has blocked some features of app.exe on all public and private

Golang Runing muncul security Aler - Etalastok.com

Maksudnya firewall telah memblokir file bernama app.exe di port private maupun publik. Kenapa ini terjadi? Ini karena firewall menganggap file yang di build oleh Golang secara otomatis itu dianggap sebagai file tidak dikenal atau virus.

Cara Kerja Golang

Tidak seperti bahasa pemrograman yang lain, Golang adalah salah satu bahasa pemrograman yang load time nya cepat, karena ketika program Golang dicompile, dia akan generate atau membuild suatu file baru yang berekstension .exe setiap kali program dijalankan, yang selanjutnya akan di eksekusi.

Nah pada saat file .exe sudah terbentuk itulah, firewall mendeteksi adanya file baru dan dianggap file mencurigakan. Makanya muncul peringatan windows defender firewall ketika setiap running Golang.

Cara menghilangkan Peringatan Keamanan Windows Defender Saat Menjalankan Golang

Saya sempat mengalami kendala ketika develop setiap kali testing atau menjalankan program akibat muncul warning tersebut. Bisa juga kita matikan saja realtime protection Windows Defender, tapi hal itu sangat beresiko terhadap keamanan komputer kita. Akhirnya saya menemukan caranya agar berhenti memicu firewall di windows itu muncul. Yaitu dengan mendaftarkan port program yang dijalankan ke inbound Rule Wizard di Windows caranya seperti berikut:

  1. Di Windows pergi ke Settings kemudian pilih Windows Firewall,
mengatasi-security-alert-windows-defender-saat-menjalankan-golang-blog-etalastok.com (1)

2. Pada jendela Firewall & Network Portection pilih Advanced Settings,

mengatasi-security-alert-windows-defender-saat-menjalankan-golang-blog-etalastok.com (1)

3. Setelah muncul jendela Windows Defender Firewall with Advanced Security pilih Inbound Rules, dan buat rule baru yang ada di sebelah kanan layar pilih New Rule,

mengatasi-security-alert-windows-defender-saat-menjalankan-golang-blog-etalastok.com (1)

4. Di Rule Type pilih Port kemudian klik Next

5. Di Protocol and Port pilih TCP dan masukkan port Kamu yang mau digunakan untuk development project Golang, seperti dalam contoh di bawah saya menjalankan project Golang di port 4002, dan Kamu bisa menuliskan sekaligus lebih dari satu dengan separator koma contohnya 4002, 4001, 3008 dst, kemudian klik Next,

mengatasi-security-alert-windows-defender-saat-menjalankan-golang-blog-etalastok.com

6. Pada tampilan checklist Profile pilih saja semua, kemudian Next,

mengatasi-security-alert-windows-defender-saat-menjalankan-golang-blog-etalastok.com

7. Simpan Rule baru tersebut dengan nama yang Kamu mau, dan bisa tambahkan deskripsi jika diperlukan. Kemudian klik Finish untuk menyelesaikan.

mengatasi-security-alert-windows-defender-saat-menjalankan-golang-blog-etalastok.com

Setelah selesai, maka ketika running ulang program Golang sebelumnya, maka tidak akan ada lagi muncul WIndows Security Alert seperti seblumnya dan Kamu bisa ngoding dengan happy tanpa gangguan 🙂

banner

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.