Perbedaan Hosting, VPS dan Cloud Hosting

  • 3 min read
  • Mar 01, 2022
Etalastok.com-perbedaan-hosting-vps-cloud-hosting

Perbedaan Hosting, VPS dan Cloud Hosting – Bagi yang sudah terbiasa dengan pembuatan website atau aplikasi istilah mengenai Hosting, VPS atau Cloud Hosting adalah hal yang sudah tidak asing lagi, tapi mungkin beberapa pengguna sebagian besar masih bingung dengan istilah ketiganya.

Selain itu bagi Kamu yang berminat untuk membeli web hosting, pasti akan bertanya mengenai perbedaan Hosting, VPS dan Cloud Hosting. Adanya ketiga pilihan tersebut memang cukup membingungkan untuk memastikan mana yang lebih dibutuhkan dan sesuai bisnis Kamu atau mana yang lebih efisien untuk di beli.

Kali ini saya akan membahas mengenai hosting, vps, dan Cloud hosting dengan bahasa yang mudah dipahami.

Apa Itu Hosting?

Hosting merupakan layanan online yang berguna untuk mengelola data bisa dalam bentuk website atau aplikasi. Lebih singkatnya lagi hosting itu adalah ruang untuk menyimpan file program agar sistem dapat berjalan dan bisa diakses secara online. Jika membahas mengenai hosting, tentu tidak terlepas dari istilah domain, karena domain merupakan bagian dari hosting dan sangat berhubungan terutama untuk website yang sifatnya bisa diakses untuk umum.

blog.etalastok.com - Cara kerja web hosting
Cara Kerja Web Hosting – Blog.etalastok.com

Jika dijelaskan secara singkat domain adalah alamat website yang diakses pengguna. Jadi, hosting itu diibaratkan sebuah rumah dan domain itu adalah alamat rumah lengkapnya yang terdiri dari nama jalan, blok atau nomor rumah yang ditempati oleh pemiliknya. Tentunya jika sebuah website tidak mempunyai domain, maka tidak akan bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Dari pengalaman yang sudah pernah saya lakukan berikut kelebihan dan kekurangan dari membeli layanan hosting:

  • Kelebihannya harga jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan VPS dan Cloud Hosting.
  • Penyedia layanan hosting yang bertanggung jawab terhadap semua keamanan, pengelolaan server dan pembaruan.
  • Pembelian hosting jauh lebih hemat 75% dibanding layanan lainnya.
  • Kekurangannya terdapat batasan sumber daya dan penggunaan.

Apa Itu VPS?

VPS atau virtual Private Server merupakan layanan server dengan memanfaatkan teknologi virtualisasi. Dalam satu server fisik dikhususkan untuk satu pengguna saja dan dibagi menjadi beberapa server virtual.

blog.etalastok.com - Cara kerja VPS
Cara Kerja VPS – Blog.etalastok.com

Ruang yang tersedia di VPS bebas digunakan. Mulai dari sistem operasi, aplikasi yang akan di instal hingga panel hosting. Inilah kenapa jika ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal, layanan VPS jauh lebih baik digunakan dan lebih bebas mengelola server secara mandiri.

Membahas mengenai VPS, tentunya juga tidak terlepas dari Dedicated Server. Layanan ini menawarkan penyewaan server untuk satu pengguna secara penuh. Perbedaan antara VPS dan Dedicated Server yaitu dibagian spesifikasi dan penggunaannya. Sedangkan perbedaan hosting dan VPS itu sudah jelas dari server fisiknya karena VPS hanya satu server dikhususkan untuk satu owner saja.

Beberapa kelebihan dan kekurangan dari VPS:

  • Kelebihannya keamanan dikelola oleh pemilik VPS secara penuh.
  • Bisa mendapatkan akses root, sehingga dapat melakukan pengaturan sesuai kebutuhan.
  • Bisa dengan mudah mengembangkan kapasitas VPS.
  • Kekurangannya membutuhkan pengetahuan lebih mengenai sistem operasi dan server karena dikelola sendiri.
  • Harganya jauh lebih mahal dibandingkan dengan Cloud hosting dan hosting.

Baca Juga : Daftar Web Hosting Terbaik Indonesia, Ada Kode Voucher yang Bisa DIpake juga

Apa Itu Cloud Hosting?

Cloud Hosting merupakan layanan komputasi awan yang dapat bekerja secara langsung bersama dengan beberapa server virtual. Sedangkan perbedaan Cloud Hosting dan VPS, terletak pada jumlah servernya. Cloud Hosting menggunakan beberapa server sekaligus yang saling terhubung dengan adanya sistem cluster.

Blog.etalastok.com - Cara kerja cloud hosting
Cara Kerja Cloud Hosting – Blog.etalastok.com

Dengan adanya teknologi sistem cluster ini, sehingga ketika server utama sedang terjadi masalah, maka sistem yang sedang bejalan akan langsung dialihkan ke server lainnya, sistem yang berjalan tidak akan terganggu atau akan melakukan backup.

Berikut kelebihan dan kekurangan dari Cloud Hosting:

  • Cloud hosting mempunyai kelebihan lebih terkontrol saat terjadi masalah. Hal ini disebabkan karena menggunakan beberapa server yang saling terhubung.
  • Menyediakan layanan yang dapat diandalkan.
  • Kekurangannya, harga cukup mahal, karena secara teknologi lebih canggih dan menggunakan beberapa server dan sistem keamanan jauh lebih terjamin.

Saya harap temen-temen sudah paham apa saja perbedaan Hosting, VPS dan Cloud Hosting. Terutama mengenai kelebihan dan kekurangan masing-masing, supaya dari ketiga layanan tersebut bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan Kamu.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Kecepatan Loading Website yang Jarang Orang Tau

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.