Repeater Bikin Koneksi Internet Lebih Cepat

  • 3 min read
  • Mar 16, 2022
Apa itu repeater dan fungsinya

Ngomongin soal repeater sudah pasti langsung kepikiran soal jaringan, internet, wifi, kabel LAN, komputer dsb. Jika kamu kepikiran yang sama berarti kamu sudah sedikit tau tentang perangkat keras satu ini. Sebelum kita tau cara memasang repeater, baiknya kita mengerti tentang apa itu repeater?. Jika kamu seorang teknisi jaringan mungkin sudah terbiasa dan sudah tidak asing soal Repeater, Access Point atau bahkan Router dsb.

Apa itu Repeater?

Sesuai dengan namanya, repeater berasal dari kata bahasa Inggris ‘repeat’ artinya ulang dan ‘repeater‘ berarti pengulang. Repeater merupakan perangkat keras yang berfungsi menangkap sinyal yang lemah kemudian memperkuat sinyal dan menyebarkan kembali dengan frekuensi tertentu. Repeater terdiri dari dua jenis yaitu menggunakan kabel dan tanpa kabel (nirkabel).

Jenis Repeater

Dari beberapa sumber yang saya baca, ada beberapa jenis repeater, diantaranya:

  • Radio Repeater : berfungsi untuk memperkuat sinyal radio. Biasanya repeater jenis ini alatnya memiliki banyak antena yang berfungsi sebagai transmiter dan transmitter.
  • Optical Comunication Repeater: berfungsi untuk memperkuat sinyal dari kabel optik dan penerimaan sinyal akan lebih baik karena melalui media kabel dan tidak terkendala jarak.
  • Telephone Repeater : berfungsi untuk memperkuat sinyal telepon jarak jauh yang biasanya terkendala oleh kondisi cuaca atau lapangan yang berbukit dsb.

Cara kerja Repeater

Kamu pasti pernah ngalamin ketika nyolong wifi 🙂 , ehh maksudnya menggunakan wifi di ruang publik atau dirumah, sinyal yang ditangkap HP kita lemah dan lambat karena sinyal cuma satu bar. Disinilah alat repeater ini diperlukan.

Cara kerjanya seperti pengalaman saya, ketika router wifi ada di ruang tengah rumah lantai satu, kemudian saya menggunakan HP di kamar lantai 3. Maka sudah dipastikan sinyal yang ada di HP cuma satu bar, itu juga ngedip-ngedip.

Kemudian saya ngambil repeater wifi Xiaomi Extender Pro dari kantong ajaib doraemon, dan saya pasang di lantai 2 dimana sinyalnya juga termasuk lemah mungkin 2 atau 3 bar. Saya setting ID dan password menggunakan software dari Xiaominya sendiri. Setelah selesai HP yang di lantai 3 menangkap sinyal full dari repeater yang ada di lantai 2, tinggal gunakan wifi dan masukkan password seperti yang sudah di setting sebelumnya.

Rekomendasi Repeater Terbaik

1. Xiaomi Extender Pro

Selain terkenal dengan smartphonenya yg keren, Xiaomi juga mengeluarkan Xiaomi Extender Pro yaitu Wifi repeater yang bentuknya cukup simpel dan unik memiliki dua antena external yang berkekuatan 2dBi sehingga daya tangkap dan daya pancarnya kuat.

Selain itu, kecepatan transmisinya sampai 300Mbps dengan pengguna maksimal yaitu 16 perangkat yang aktif berbarengan.

Kamu bisa beli langsung resmi di Official Store berikut: [Cek di Tokopedia]

2. Range Extender TP-Link TL-WA850RE

Extender ini memiliki port LAN sehingga bisa disambungkan ke perangkat lain menggunakan kabel LAN, sehingga kecepatan internet akan stabil. Dengan kecepatan 300Mbps dan bertipe plug-in yang sangat mudah digunakan.

Kelebihannya lagi, terdapat smart LED untuk mengetahui kekuatan sinyal yang ditangkap, sehingga kita mudah untuk melihat kestabilan sinyal ketika digunakan.

Kamu bisa beli langsung resmi di Official Store berikut: [Cek di Tokopedia]

3. Tenda N301 Wireless

Memiliki kecepatan sampai 100Mbps yang pasti bisa digunakan untuk download dan upload dengan cepat. Walaupun memang tergantung dari kecepatan router utama. Adanya fitur 3 mode, bisa sebagai Extender Wifi, router dan Access Point dengan harga terjangkau sangat menarik untuk dicoba.

Kamu bisa membelinya resmi di Official Store disini: [Cek di Tokopedia]

4. Wavlink AERIAL D4-AC1200 Range Extender Router

Repeater ini mempuyai tombol WPS untuk menangkap dan menyebarkan kembali sinyal Wifi secara otomatis. Tersedia juga port LAN dan WAN yang dapat disambungkan ke perangkat lain.

Wavlink Aerial tipe ini juga memiliki Dual Band yang mana koneksinya simultan hingga 5GHz sebesar 867Mbps dan sumultan 2.4GHz sebesar 300Mbps dengan total bandwith 1167Mbps sehingga kamu bisa banget download file besar dengan cepat atau bahkan streaming Video HD.

Kamu bisa membelinya di Marketplace terpercaya disini: [Cek di Tokopedia]

5. Asus RT-N12HP Wireless Router

Repeater terbaik selanjutnya yaitu Asus RT-N12HP yang memiliki 3 mode dalam satu perangkat, yaitu mode router, repeater dan bisa sebagai Access Point. Alat ini juga mempunyai fitur untuk memperbesar atau memperkecil jangakauan sinyal sampai dua kali lipat.

Selain itu, tersedia juga beberapa tingkatan user privilage berbeda untuk mengakses networking wirelessnya, yang cocok untuk management user ditempat-tempat tertentu.

Kamu bisa membelinya disini: [Cek di Tokopedia]

Baca Juga : Daftar Set Top Box (STB) Terbaik Rekomendasi Kominfo

Penting juga untuk menyamakan kecepatan antara repeater dengan Router utama. Misalnya, jika Router utama mempunyai keceptan 300Mbps maka saya sarankan untuk memasang repeater dengan kecepatan 300Mbps juga atau lebih.

Untuk cara memasang repeater wifi berbeda-beda dan tidak sulit, sudah saya buat artikel tersendiri terutama khusus pengguna Xiaomi Wifi Extender Pro cara memasang repeater wifi Xiaomi. Disitu saya jelaskan lebih jelas dan mudah dimengerti.

banner

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.